Definisi dan Tata Cara Sujud Sahwi Dilengkapi Dengan Doa

AkhbarIslam.Com - Sujud Sahwi adalah sujud yang dilakukan saat seseorang melakukan kesalahan dalam shalat. Definisi dan Tata Cara Sujud Sahwi Dilengkapi Dengan Doa yang mempermudah bagi kita untuk memahami apa itu Sujud Sahwi. Berikut ini adalah Definisi Sujud Sahwi yang telah kami rangkum dilengkapi dengan Doa.

Setiap manusia tidak lepas dari doa kepada Sang Pencipta. Untuk itu bagi yang membutuhkan referensi lebih tentang doa, silahkan kunjungi Kumpulan Doa-doa Islam Harian Terbaik Akhbar Islam.

Definisi dan Tata Cara Sujud Sahwi Dilengkapi Dengan Doa
Ilustrasi : Definisi dan Tata Cara Sujud Sahwi Dilengkapi Dengan Doa

Definisi dan Tata Cara Sujud Sahwi Dilengkapi Dengan Doa


DEFINISI SUJUD SAHWI

Sujud sahwi (Arab: سجود السهو‎) adalah bagian ibadah Islam yang dilakukan di dalam salat. Sujud sahwi merupakan dua sujud yang dilakukan oleh orang yang salat untuk menggantikan kesalahan yang terjadi di dalam salatnya karena lupa (sahw).

LATAR BELAKANG DILAKUKANNYA SUJUD SAHWI

Penyebabnya dilakukannya Sujud sahwi ada tiga yaitu menambahkan sesuatu (az-ziyaadah), menghilangkan sesuatu (an-naqsh), dan dalam keadaan ragu-garu (asy-syak) di dalam Salat.

PANDUAN DAN TATA CARA SUJUD SAHWI

Sujud Sahwi dilakukan dengan cara melakukan dua sujud sebelum atau sesudah salam dan bacaannya adalah tidak sama dengan bacaan sujud lainnya di dalam Shalat.

Yakni :
سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو 
Subhaana man laa yanaamu wa laa yas-huw
Artinya : "Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa"

Sujud sahwi dilaksanakan sebelum salam pada dua keadaan:

Apabila terjadi pengurangan, misalnya melupakan tasyahud pertama. Jika hal tersebut karena ragu yang dia tidak dapat memutuskan mana dari dua kemungkinan yang lebih condong dalam pikirannya.

Sujud sahwi dilaksanakan setelah salam ketika:

Apabila terjadi penambahan di dalam salat, juga termasuk seseorang yang lupa suatu kewajiban Salat dan telah melakukan salam sebelum menyempurnakan shalatnya, lalu ia mengingat apa yang dilupakannya (setelah salam) dan (kembali untuk) menyempurnakan salatnya.

Jika hal itu karena lupa, ketika salah satu dari dua kemungkinan lebih condong dalam pikiran seseorang.

Demikianlah artikel tentang Definisi dan Tata Cara Sujud Sahwi Dilengkapi Dengan Doa yang telah kami rangkum menjadi lebih singkat. Semoga Definisi dan Tata Cara Sujud Sahwi ini dapat diterapkan oleh kita semua. Sebagaimana artikel ini telah dilengkapi dengan doa. Bagi anda yang membutuhkan Khutbah Jumat, silahkan layari halaman Kumpulan Khutbah Jumat Pilihan Terbaik 2017 Terlengkap.
loading...

0 komentar