7 Adab Berpakaian Wanita Menurut Ajaran Islam Beserta Doa

AkhbarIslam.Com - Wanita adalah sosok makhluk Allah yang sangat istimewa. Adab Berpakaian Wanita harus berdasarkan syariat Islam. Berikut ini 7 Adab Berpakaian Wanita Menurut Ajaran Islam Beserta Doa yang telah kami rangkum sesingkat mungkin. Karena Menurut Ajaran Islam, Adab Berpakain Wanita harus mengikuti syariat-syariat yang telah ditetapkan.

Namun demikian, seorang wanita dinilai berbusana baik dan serasi jika ia senantiasa menggunakan pakaian yang sangat cocok dengan usia dan kepribadiannya. Pegangan utama yang perlu diperhatikan dalam berpakaian adalah tidaklah perlu berlebihan dan lebih baik berpakaian sederhana yang menutupi aurat.

7 Adab Berpakaian Wanita Menurut Ajaran Islam Beserta Doa
Ilustrasi : 7 Adab Berpakaian Wanita Menurut Ajaran Islam Beserta Doa
Menurut Ajaran Islam, maksud aurat wanita Islam ialah seluruh badannya, kecuali muka dan telapak tangan sehingga wajib bagi seorang wanita Islam memelihara beberapa bagian badannya dan menutup dadanya dengan kerudung. Contoh adab berpakaian dalam berpakaian didalam ajaran Islam, berpakaian tidak hanya sekedar kain penutup badan, tidak hanya sekedar mengikuti mode atau trend yang berkembang dari kemoderenan zaman. Islam mengajarkan tata cara atau adab berpakaian yang sesuai dengan ajaran agama, baik secara moral, indah dipandang dan tentunya sangat nyaman digunakan.

Berikut ini adalah kutipan dari ayat al-Qur'an yang menjelaskan tentang diwajibkannya menutup aurat :

يبَنِيْ~ ادَمَ قَدْاَنْزَلْنَاعَلَيْكُمْ لِبَاثًايُوَارِيْ سَوْاتِكُمْ وَرِيْشًاوَلِبَاسُ التَّقْوى ذلِكَ خَيْرٌ طْذلِكَ مِنْاايتِ الله لَعَلَّهُمْ يَذَّكَُّرُوْنَ

Artinya:
Wahai anak Adam! Susungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagaimu tetpi takwa itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalui ingat.” (Q.S. Al-A’raf:26)


Aku tidak meninggalkan fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki selain wanita.” (HR. Bukhari Muslim) Adalah sebuah kenyataan, bahwa bagi setiap laki-laki, daya tarik seorang wanita ibarat tipu daya yang tidak bisa dianggap enteng. Dalam surat Yusuf ayat 28, Zulaikha disebutkan memiliki tipu daya yang besar (inna kaida kunna ‘adzhim). Bandingkan dengan sebutan yang Allah SWT berikan untuk tipu daya syaithan, “… sesungguhnya tipu daya syaithan itu adalah lemah.” (QS. An-Nisaa’ : 76)

Coba bayangkan !!! Seorang wanita dapat menjelma menjadi sosok-sosok yang mulia, cerdas, dan terhormat. Dan tentu untuk menjadi sosok yang demikian, tentu Sang Kholiq-lah yang paling tahu bagaimana caranya. Dan jilbab adalah sebuah resep sederhana yang dapat mengangkat derajat wanita.

… hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Qhzab : 59)

Jilbab bukanlah seperangkat asesoris, atau sekedar mode busana yang aturan pakainya dapat diatur sesuai selera si pemakai. Jilbab adalah sebuah simbol penghambaan diri seorang Muslimah terhadap ketentuan Rabb-Nya, sebuah pengakuan bahwa Allah azza wa jalla berhak sepenuhnya mengatur kehidupannya. Memiliki niat baik memang tak berarti luput dari godaan syaithan. Karena syaithan begitu lihai melihat celah yang bisa ia susupi untuk menipu manusia. Dengan tipu dayanya, seorang manusia dapat memandang baik sebuah perbuatan yang sebenarnya buruk dimata allah SWT.

Dan ketika syaithan menjadikan mereka memandang baik pekerjaan mereka …” (QS. Al-Anfal : 48)

7 Adab Berpakaian Wanita Menurut Ajaran Islam Beserta Doa

Berikut ini adalah kriteria yang wajib dipenuhi oleh busana Muslimah dalam kitab Fiqh Wanita, karangan Ibrahim Muhammad Al-Jamal tentang Adab Berpakaian Wanita Menurut Ajaran Islam adalah :

1. Hendaklah Menutupi Seluruh Badan (Selain wajah dan kedua telapak tangan)

Hai Asma, sesungguhnya perempuan itu apabila telah sampai umur/dewasa, maka tidak patut menampakkan sesuatu dari dirinya melainkan ini dan ini. Rasulullah berkata sambil menunjukkan kepada muka dan telapak tangan hingga peregelangannya sendiri.” (HR. Abu Dawud dan Aisyah)

2. Pakaian Wanita Hendaklah Tidak Ketat.

Berkembangnya zaman saat ini, banyak pakaian wanita yang jauh dari kata longgar. Hampir semua pakaian saat ini menjadikan wanita terlihat seperti "telanjang". Untuk itu, mari kita berhati-hati dalam memilih pakain yang diperjual belikan saat ini.

3. Pakaian Wanita Muslimah Hendaklah Tidak Tipis.

Memakai pakain yang tipis apalagi sampai terlihat bayangan lekuk dari tubuh adalah sangat dilaknat. Berhati-hatilah wahai kaum wanita muslimah.

4. Hendaklah Tidak Menyerupai Pakaian Pria.

Nabi SAW melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita dan wanita yang memakai pakaian laki-laki.” (HR. Abu dawud dan Nasa’I)

5. Tidak Berwarna Mencolok Sehingga Menarik Perhatian Orang.

Memakai pakain yang memiliki kontrak warna yang mencolok juga tidak baik digunakan oleh Wanita Muslimah. Sebaiknya menggunakan pakaian yang biasa saja lagi tertutup.

6. Tidak Menyerupai Pakaian Wanita Non Muslim.

Hindarilah menggunakan pakain yang mirip dengan pakain wanita no-muslim. Terutama pakaian yang serupa dengan pemuka agama non-muslim.

7. Memakai Pakaian Hendaklah Tidak Untuk Memamerkannya.

Siapa saja yang meniru-niru perbuatan suatu kaum, berarti dia telah menjadi pengikutnya.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad) Selain kriteria di atas, perlu diingat bahwa pemakaian kerudung harus sampai menutup dada. Hal ini disebutkan secara gamblang dalam surat An-Nuur : 31, “… dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya.”

Doa Memakai Pakaian Menurut Ajaran Islam

Dan hendaklah bagi kita untuk membaca Doa Memakai Pakaian Menurut Ajaran Islam berikut setiap kali kita akan mengenakan pakain :

اَلْحَمْدُللهِ الَذِ يْ كَسَانِيْ هذَاالثَّوْبَ وَرَزَقَنِيْ مِنْ غَيْرِحَوْلٍــ مِنِّيْ وَلاَقُوَّةٍ

Artinya :
Segala puji bagi Allah yang telah memberi pakaian dan rezeki kepadaku tanpa jerih payahku dan kekuatanku

Demikianlah artikel tentang 7 Adab Berpakaian Wanita Menurut Ajaran Islam Beserta Doa yang telah kita baca tadi. Semoga dengan sepenggal artikel ini, menambah pengetahuan kita tentang Adab Berpakain Wanita. Karena Menurut Ajaran Islam, sangatlah penting pakain diperhatikan. Dan tentunya setiap kali menggunakan pakain, jangan lupa membaca Doa Memakai Pakaian Menurut Ajaran Islam. Bagi anda yang tertarik membaca kajian Islam lainnya, silahkan kunjungi Kumpulan Kajian Islam Terbaik 2017. Terimakasih...
loading...

0 komentar