Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru - Riau

Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru - Riau

Profil Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru - Riau

Akhbarislam.com - Sejuk terasa suasana khas pesantren. Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru - Riau berada di lokasi yang strategis di kota Pekanbaru Riau. Berbagai kegiatan dan aktifitas bermanfaat untuk para santri dan santriwati ciri khas keagamaan islam disajikan setiap harinya. Pondok Pesantren ini didirikan di bawah rintisan Yayasan Nur Iman Pekanbaru. Cita-cita berdirinya dikokohkan dengan adanya akte notaris tanggal 12 September 1987 No 43 oleh notaris Tajib Raharjo, SH

Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru Riau ini juga didirikan dengan motivasi pada keinginan untuk membina umat yang berbentuk sosial dan amaliyah guna mendidik generasi kita dengan ajaran Islam secara baik pula

Pendirian Pondok Pesantren Dar El Hikmah ini dirintis semenjak tahun 1987 yang diawali dengan adanya waqaf sebidang tanah dari bapak H. Abdullah yang terletak di Km 12 Simpang Baru, Jalan Manyar Sakti Pekanbaru. Dan pada tahun itu juga telah diurus pembangunan seperti sekolah, aula, masjid, perumahan guru, asrama santri dan kantin. tetapi di karenakan tenaga yang profesional belum ada, maka kegiatan pesantren belum bisa dilaksanakan sementara dikontrakan pada Akademi Koperasi Riau (AKOP) yang sangat membutuhkan saat itu.

Kegiatan Silat Pesantren Dar El Hikmah
Kegiatan Silat Pesantren Dar El Hikmah
Dengan adanya usaha pengurusan yayasan nur iman pekanbaru mencari tenaga pengajar dan menghubungi beberapa pesantren yang ada di daerah maupun yang diluar daerah dengan bantuan Bapak Prof. DR. H. Satria Efendi M. Zein (Alm) Dosen Pasca Sarjana IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk menghubungi Bapak KH. Mahrus Amin selaku pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Maka dengan ini terwujudlah cita-cita untuk mendirikan Pondok Pesantren. Adapun kerjasama dan dukungan Pondok Pesantren Darunnajah Pembinaan secara langsung dan bantuan pendidikan yang profesional. Juga untuk kurikulum disamakan dengan Darunnajah disamping itu Pondok pesantren Dar El Hikmah juga mendapatkan dukungan serta bantuan dari pemerintah daerah dan lembaga pendidikan agama di daerah.

Pada pertemuan yang diadakan pada tanggal 20 April 1991 yang dihadiri Keluarga Besar Yayasan Nur Iman Pekanbaru dan segenap simpatisan dari Jakarta antara lain : Prof. DR. Satria Efendi M. Zein (Alm) dan Bapak KH. Drs. Mahrus Amin disepakati dan ditetapkan bahwa pondok pesantren diberi nama "Pondok Pesantren Dar El Hikmah"

Alhamdulillah pihak Kanwil Departemen Agama Propinsi Riau memberikan persetujuan berdirinya Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru dengan suratnya tanggal 12 Juni 1991 WD/6-0/PP.03.2/1991 dan diizinkan menerima santri Dar El Hikmah oada tahun ajaran 1991/1992. dan pada tanggal 8 Agustus 1991 barulah Pondok Pesantren ini dikenal di masyarakat secara resmi dibuka.

Sejarah Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru - Riau


Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru - Riau didirikan oleh Bapak H. Abdullah  pada tanggal 12 September tahun 1987 . Sambil menunggu realisasi pembangunan, para pengurus mencari tenaga-tenaga pengajar. Melalui bantuan DR. Satria Efendi M. Zein dosen fakultas syariah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta mereka menghubungi KH. Machrus Amin pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami Jakarta selatan terwujudlah cita-cita mendirikan Pesantren. Pontren Darunnajah melakukan pembinaan langsung dengan bantuan tenaga-tenaga professional dan kurikulum pendidikan. Pondok Pesantren ini mulai menerima santri baru pada tahun ajaran 1991 – 1992 sebanyak 26 orang. Maka pada tanggal 8 Agustus 1991 diresmikan oleh walikotamadya Pekanbaru dengan nama  Dar el-Hikmah.

Kegiatan Pramuka di Dar El Hikmah Pekanbaru
Kegiatan Pramuka di Dar El Hikmah Pekanbaru
Adapun misi Pondok Pesantren Dar El Hikmah adalah menghasilkan tenaga-tenaga ahli yang dapat diandalkan dalam bidang agama Islam dan Imtek. Hal ini diwujudkan dalam kurikulum dan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi dalam bidangnya serta dari berbagai hasil karya dan cipta yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat serta tantangan perubahan yang cepat di bidang agama Islam, baik secara nasional maupun global.

Dalam perkembangannya, Pondok Pesantren Dar El-Hikmah mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, sehingga minat dan keinginan orang tua untuk menyekolahkan putra-putrinya sungguh sangat antusias. Ini dapat dibuktikan dengan naiknya persentase santri pada setiap tahunnya.

Pada Tahun Pelaajaran 2014-215 jumlah santri baru yang dinyatakan lulus masuk pesantren sebanyak 460 orang dari 700 santri yang mendaftar, hal ini disebabkan kafasitas asrama dan lokal yang tidak mencukupi. Namun demikian total jumlah santri saat ini telah mencapai  1993 orang yang terdiri dari jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Madrasah Tsanawiyah (MTs) diasramakan, Madrasah Aliyah (MA) diasramakan yang terdiri dari tiga jurusan yaitu Bahasa, IPS dan IPA. Dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diasramakan dengan memiliki jurusan yaitu Teknik Informatika (TI).

Adapun santri-santri yang telah menyelesaikan pendidikannya di Pondok Pesantren Dar El-Hikmah telah mencapai 4.600 santri yang telah menyebar keberbagai wilyah dinusantara bahkan ada keluar Negara Indonesia seperti di Mesir, Sudan, Madinah dan Malaysia.

STRUKTUR PENGURUS YAYASAN DAN PENGURUS PONDOK PESANTREN DAR EL HIKMAH
Berdasarkan Notaris perubahan Asman Yunus, SH Nomor : 33 Tanggal 31 Januari 2008.

Pengurus Yayasan Nur Iman Pekanbaru :
  • Pendiri dan Penasehat : Syeikh. H. Abdullah
  • Ketua Yayasan : Syeikh H. Abdullah
  • Ketua I : Drs. H. Syamsul Bahri, Ak
  • Ketua II : H. Amrasul, MT
  • Sekretaris : H. Usman
  • Bendahara : Maryati, SE, MM
  • Pengawas : Amran Suardi , SE

Pengurus Pondok Pesantren Dar El Hikmah :
  • Pimpinan Pondok Pesantren : Drs. H. Dahnilsyah
  • Sekretaris : Ndangk Kurnia, M.Sy
  • Bendahara : Nuryani, SE
  • Kabid. Pendidikan : Harun, S.Ag, S.Pd
  • Kabid. Keagamaan : Miftah Syarif, M.Ag
  • Kabid. Kesiawaan dan Asrama : Djefrin E. Hulawa, M.Ag
  • Kabid.  Minat dan Bakat : Rahmat Wahyudin, S.Ag
  • Kabid. Umum : Syafril, S.Sos
  • Kepala TK : Yesi Sasmita
  • Kepala SD : Yasmar, MPd
  • Kepala MTs : Firdaus, S.Ag
  • Kepala MA : Imat Hikmatullah, M.Sy
  • Kepala SMK : Amrullah, S.Ag
Pesantren Dar El Hikmah ini memiliki program unggulan yang mungkin berbeda dari pesantren lain yang ada di Pekanbaru Riau. Untuk lebih jelasnya silahkan anda kunjungi website resminya di http://www.pesantrendarelhikmah.sch.id dan cari tau tentang biaya dan lainnya.

Mungkin itu sekilas profil Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru - Riau dan semoga bermanfaat.
loading...