Tips Sopan Berkunjung dan Bertamu saat Lebaran (Adab 1)

Tips Sopan Berkunjung dan Bertamu saat Lebaran (Adab 1)
Lebaran sudah menanti, semua sudah dipersiapkan. Ada yang mudik, pulang kampung ke rumah orangtu bertemu sanak keluarga, memohon ridha dan ampun dari mereka. Menyapa kampung halaman yang lama tak tersentuh. Beramah tamah dan saling memaafkan dengan tetangga dengan saling kunjung mengunjungi dari rumah ke rumah. Atau juga ada istilah saling tukar menukar jamuan. Subhanallah, inilah yang disebut kemenangan. Kembali kepada fitrahnya sebagai manusia yang bersih tiada noda.

Berkunjung dan bertamu dengan segala bentuk dan jenisnya adalah suatu hal yang sangat dianjurkan oleh agama. Terutama kunjungan yang dimaksudkan untuk mempererat tali silaturrahmi antara sesama muslim.

Pada hakikatnya, maksud dan sifat kunjungan itu beraneka ragam, maka cara dan adab berkunjung pun tentu bermacam-macam pula. Masing-masing berbeda satu sama lainnya. Namun disini, penulis mencoba mengarahkan, bagaimana tips-tips berkunjung dan bertamu yang penuh dengan kesopanan dan kesantunan pada saat melalui Idul Fitri yang mulia.

Meminta izin sebelum masuk ke rumah orang lain 

  1. Mengucapkan salam dengan baik dan suara yang wajar. 
  2. Bila diperlukan, boleh mengetuk pintu atau memencet bell dengan cara yang sopan dan halus. 
  3. Jangan berdiri persis di depan pintu. Minggirlah sedikit kesebelah kiri atau sebelah kanan 
  4. Sebut nama yang jelas bila ditanya 
  5. Jangan mengintai-ngintai lewat pintu atau jendela. Sangat tidak sopan 
  6. Jika sampai 3 (tiga) kali memberi salam ternyata tidak ada sahutan, kembalilah. Jangan memaksa 
  7. Apabila tuan rumah tidak mau menerima kita, atau nampak kurang senang dengan kedatangan kita, maka segeralah pamit dengan cara yang sopan. Tidak perlu terlalu kecewa, biasa saja... 
  8. Jangan sekali-kali masuk rumah orang bila sedang tidak ada penghuninya (walaupun rumah tersebut milik saudara/kenalan/kawan karib kita sendiri). Ingat, kalau ada apa-apa, kita yang kena getahnya. Berbahaya.

Menjaga sikap dan kesopanan saat menjadi tamu 

  1. Duduklah di tempat yang telah disediakan dengan sikap sopan, setelah dipersilahkan oleh tuan rumah atau yang mewakilinya. Jangan duduk kalau belum dipersilahkan. 
  2. Mata jangan jelalatan, ingin serba tahu segalanya. Jangan nolah-noleh, seperti orang yang sedang menyelidiki sesuatu. 
  3. Jika disuguhi makanan atau minuman, terimalah apa adanya dengan penuh syukur dan gembira. Jangan suka merepotkan tuan rumah.

Sopan dalam berpamitan 

  1. Kalau sudah dirasa cukup, pamitlah dengan menampakkan sikap yang agak berat. 
  2. Nyatakan penghargaan dan terimakasih atas segala sambutannya. 
  3. Harapkan agar si tuan rumah kelak pada suatu waktu bisa berkunjung atau mampir ke rumah kita. 
  4. Akhirilah pertemuan dengan harapan-harapan atau doa.

Demikian, tips-tips sopan dalam berkunjung dan bertamu. Semoga menambah wawasan keislaman kita dan mampu kita praktekkan dalam lebaran idul fitri tahun ini pada saat berkunjung dan bertamu ke sanak keluarga dan saudara. Sehingga menjadi amal sholeh di kemudian hari mendapat ridha dan diridhai-Nya. Semoga bermanfaat...
loading...