Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru - Riau

Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru - Riau
Nama Pesantren: Pondok Modern Al Kautsar.
Pengasuh: H.Syarifuddin Rasyid
Pimpinan: Ust. Muhammad Hanif, S.H.I.
Alamat: Jl. Hang Tuah Ujung Km.6,5 Pekanbaru

Pondok Modern Al Kautsar, Bukit Raya, Pekanbaru, Riau. Udaranya sangat sejuk, banyak pepohonan dan jauh dari keramain kota, itulah suasana Pondok Pesantren Modern AL-KAUTSAR sehingga dapat menambah kekhusyukan pembinaan para santri di pondok yang tepatnya berlokasi di Jalan Hang Tuah Km 6,5 Sail, Bukitraya, Pekanbaru, Riau itu.

Berdirinya AL-KAUTSAR tentu saja tidak terlepas dari ide serta perenungan seorang wakif yakni H Syarifuddin Rasyid. Di penghujung tahun 1983, Ia bertekad mendirikan ponpes karena merasa terilhami firman Allah Surat al-Hujurat Ayat 15. Maka dengan penuh keikhlasan ia mewakafkan tanahnya seluas dua hektar untuk dijadikan pondok pesantren. Namun saat itu terkendala oleh ketiadaan sumber daya manusia yang bersedia menjadi guru dan pengasuh pondok.

Syarifuddin tidak putus asa, ia terus menyosialisasikan pentingnya mendirikan ponpes diberbagai kesempatan khususnya kepada para orang tua santri Gontor yang tergabung dalam Posgori (Persatuan Orang Tua Santri Gontor Riau). Akhirnya pada di penghujung 1988, gayung bersambut, ia bersama Posgori mendirikan Yayasan Dakwah Budaya Islamiyah Riau.

Kemudian, ia bersama beberapa anggota yayasan menghadap KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpian Pondok Modern Gontor Ponorogo, untuk mengajukan permohonan bantuan tenaga pengajar. Alhamdulillah, pada 2 Mei 1988 Al Kautsar resmi berdiri sebagai ponpes.

Santri angkatan pertama berjumlah delapan orang yang dibina oleh tiga tenaga pendidik alumni Gontor. Pada periode ini pembinaan santri diarahkan untuk persiapan mengikuti ujian masuk Gontor. Oleh karena itu kurikulum yang diterapkan hanya meliputi beberapa bidang studi yang dijadikan materi ujian masuk Kulliyatul Mu'allimin Al Islamiyah (KMI) Pondok Modern Gontor. Jumlah santri Al Kautsar pun semakin meningkat. Sehingga pada 1993 diubahlah orientasi pesantren menjadi lembaga pendidikan yang mengajarkan berbagai kurikulum pondok pesantren modern sebagaimana Gontor. Perubahan ini diikuti perubahan struktur yayasan untuk efektifitas pengelolaan pesantren Al Kautsar ke depan dan berganti nama menjadi Yayasan Balai Pendidikan Al Kautsar.

Binaan Gontor
Kemudian pada 1993 Pondok Modern al-Kautsar menjadi Pontren binaan Pondok Modern Gontor di bawah kepemimpinan Ust Abdurrahman Qaharuddin. Ini ditandai dengan dibukanya program Tsanawiyah dan diikuti program Aliyah tahun 1994. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada alumni KMI agar dapat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi baik swasta maupun negeri. Penerapan kurikulum KMI dan Depag dilakukan secara integral. Hingga sekarang Pondok Modern Al-Kautsar di pimpin oleh Ust. Muhammad Hanif, S.H.I. dan akan terus berkembang sampai sekarang.

Gedung Belajar Mengajar
Perkembangan lain di antaranya penambahan fasilitas dan berbagai sarana serta pembenahan managerial pondok secara menyeluruh. Arah pendidikan yang diselenggarakan Pondok Modern al-Kautsar semakin terarah berdasarkan visi, misi, tujuan dan rencana strategis yang mulai dicanangkan tahun pelajaran 2002/2003.

Adapun visi ponpes yang memiliki sekitar 300 santri dan 34 guru yang ahli di bidangnya ini adalah menjadikan AL-KAUTSAR sebagai pusat pendidikan Islam, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat yang berjiwa pesantren tahun 2020. Misinya melaksanakan pendidikan untuk membentuk pribadi yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berfikiran bebas; melakukan pendalaman dan pengembangan ilmu-ilmu keislaman; dan melakukan pemberdayaan masyarakat yang sinergi, partisipatif, dan kooperatif dalam bidang keagamaan, ekonomi dan sosial-budaya.


Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru - Riau


Sedangkan tujuannya untuk membentuk pribadi yang berjiwa ikhlas, sederhana, mandiri, ukhuwah islamiyah, dan bebas serta berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berfikiran bebas; membentuk milieu yang mampu mengkaji, mendalami dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman berdasarkan Alquran dan Sunah; dan membentuk masyarakat Islam yang dinamis, partisipatif dan kooperatif dalam bidang keagamaan, ekonomi dan sosial-budaya.

Untuk mewujudkan itu maka dibuatlah sistem pendidikan klasikal berasrama yang memadukan Tri Pusat Pendidikan dalam sistem pembinaan 24 Jam. Lembaga pengajaran formal adalah KMI yang dipadukan dengan program Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah. Masa pendidikan KMI 6 tahun untuk tamatan SD/MI yaitu 3 tahun pertama setingkat Tsanawiyah dan 3 tahun kedua setingkat Aliyah. Bagi tamatan MTs/SLTP atau yang sederajat dapat mengikuti pendidikan KMI program 4 tahun (intensif). Lulusan KMI Al Kautsar mendapatkan dua ijazah yaitu KMI (pondok) dan Aliyah.

Meskipun sarana dan prasarana fisik bangunan serta fasilitas penunjang proses kegiatan pendidikan dan pengajaran sampai saat ini masih sangat sederhana, namun tidak menghalangi semangat dan dedikasi para pendidik dan pengasuh dalam mendidik, mengajar serta membina kader-kader umat.


Dengan kondisi seperti itu santri pun tetap berprestasi. Prestasi yang paling menonjol dari para santri AL-KAUTSAR adalah Pramuka, Silat, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Mereka menjadi utusan Pramuka Tingkat Nasional di Perkemahan Nusantara dan juara Pidato Bahasa Arab Tingkat Propinsi Utusan Riau 2009 Tingkat Nasional di Malang.

Sedangkan untuk meningkatkan kualitas guru, AL-KAUTSAR melakukan pendidikan kaderisasi bagi calon guru tetap; mengikut sertakan para guru dalam program penataran yang diadakan oleh Kanwil Depag Riau; mengadakan penataran guru yang melibatkan instruktur di luar pondok di setiap awal Tahun Pelajaran; mengadakan evaluasi kepengasuhan dan proses KBM rutin setiap minggu (forum kamisan); memberi kelonggaran kepada guru tetap untuk mengikuti program pasca sarjana.

Kesejahteraan guru pun diupayakan dengan: memberi fasilitas rumah dinas dan fasilitasnya bagi guru tetap; menaikkan gaji dan honor guru secara berkala sesuai dengan kemampuan keuangan pondok; memberikan tunjangan jabatan, anak-isteri, jatah beras, melahirkan, perkawinan dan hari raya bagi guru tetap; pemberian gaji pokok bagi guru tetap berdasarkan senioritas; pemberian honor bagi guru honor dan guru kontrak berdasarkan jam pertemuan.

Tak hanya guru, kesejahteraan seluruh komponen AL-KAUTSAR PEKANBARU pun harus diperhatikan maka pondok ini pun melakukan: mega proyek perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan (proses penggarapan); peternakan sapi dari Dirjen Peternakan dan sudah berlangsung 4 tahun; mendirikan Koperasi Usaha Bersama (KUB) dan telah berjalan 4 tahun; dan ikut terlibat dalam Puskopontren Provinsi Riau.


JIWA PONDOK PESANTREN 

Acara Panggung Gembira
Nilai-nilai positif yang senantiasa ditanamkan di Pondok Modern al-Kautsar terimplementasi pada Panca Jiwa Pondok sebagaimana Pondok Gontor. Penyikapan nilai tersebut bukan saja dilakukan oleh setiap guru, santri, karyawan dan keluarga pondok melainkan juga harus disikapi oleh Pondok Modern al-Kautsar sebagai lembagai pendidikan. Lima jiwa yang memotivasi seluruh gerak pondok modern AL-KAUTSAR sebagai berikut :
  1. Keikhlasan
  2. Kesederhanaan
  3. Kemandirian
  4. Ukhuwah Islamiyah
  5. Berjiwa bebas

STATUS LEMBAGA 

Pondok Modern AL-KAUTSAR berstatus swasta penuh yang merupakan wakaf Bapak H. Syarifuddin Rasyid seluas 2 Ha dan dikembangkan di bawah Yayasan Balai Pendidikan Pondok al-Kautsar dengan akte notaris No. 59 Tanggal 17 Januari 1995. Berorientasi integral pada sistem Pendidikan Pondok Modern Gontor dan sistem Pendidikan Nasional.

VISI, MISI, DAN TUJUAN
 
Visi: Sebagai Pusat Pendidikan Islam, Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Masyarakat yang Berjiwa Pesantren tahun 2020.

Misi:
  1. Melaksanakan pendidikan untuk membentuk pribadi yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berfikiran bebas.
  2. Melakukan pendalaman dan pengembangan ilmu-ilmu keislaman.
  3. Melakukan pemberdayaan masyarakat yang sinergi, partisipatif, dan kooperatif dalam bidang keagamaan, ekonomi dan sosial-budaya.
Tujuan:
  1. Membentuk pribadi yang berjiwa Ikhlas, sederhana, mandiri, ukhuwah islamiyah, dan bebas serta berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berfikiran bebas.
  2. Membentuk milieu yang mampu mengkaji, mendalami dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman berdasarkan al-Qur’an dan al-Sunnah.
  3. Membentuk masyarakat Islam yang dinamis, partisipatif dan kooperatif dalam bidang keagamaan, ekonomi dan sosial-budaya.
SEKILAS SUASANA PONDOK MODERN AL-KAUTSAR

 Klik gambar untuk lebih jelas!

SISTEM PENDIDIKAN
Pendidikan klasikal berasrama yang memadukan Tri Pusat Pendidikan dalam sistem pembinaan 24 Jam. Lembaga pengajaran formal adalah KMI (Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah) yang dipadukan dengan program Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah. Masa pendidikan KMI 6 tahun untuk tamatan SD/MI yaitu 3 tahun pertama setingkat Tsanawiyah dan 3 tahun kedua setingkat Aliyah.

Bagi tamatan MTs/SLTP atau yang sederajat dapat mengikuti pendidikan KMI program 4 tahun (Intensif). Lulusan KMI al-Kautsar mendapatkan dua ijazah yaitu KMI (pondok) dan Aliyah.

Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum Pondok Modern Gontor dan Departemen Agama secara terpadu.

Kegiatan ekstra-kulikuler: Qira’atul Qur’an, Diskusi Ilmiyah, Pidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris) , Ketrampilan dasar komputer dan Multimedia, Kaligrafi, Lukis, Musik, Bela Diri, Olah raga, Pramuka, dll.
loading...

1 komentar: